Minggu, Desember 23, 2007

Pre Production - Art Director Section

Pre Production
Art Director Section

Tata Artistik
Segala yang tampak dalam film kita disiapkan oleh departemen artistik, mulai dari baju, sanggul, aksesoris, vas bunga, warna dinding, hingga mobil. Kerja sama dan komunikasi yang baik antar penata artistik, sutradara dan penata fotografi adalah penting guna menghasilkan gambar yang sesuai. Penata artistik membawahi penata busana, penata rias dan bagian properti.

Tata busana
Fungsinya merancang, membuat dan atau memadu‑ padankan busana untuk tiap tokoh yang hadir dalam film. Pastikan busana dan warna yang mereka kenakan sesuai dengan karakter tiap tokoh dan mood film kita. Jangan lupa periksa usia dan kelas sosial masing masing tokoh sebelum kita memilihkan busana untuk mereka.

Tata Rias
Tata rias yang di maksud di sini bukanlah riasan seperti pada pementasan teater atau drama. Pastikan riasan yang dimaksud sesuai untuk tiap peran yang ada. Digunakan untuk menambah sentuhan artistik pada wajah tiap tokoh sehingga semakin menunjang karakter yang akan dia perankan. Sama halnya dengan busana, jangan gegabah menentukan riasan wajah. Hal yang paling sederhana dalam tata rias adalah bertugas mengusap keringat dari wajah (terutama bagian dahi) tiap tokoh yang siap direkam gambarnya.

Bagian properti
Semua benda yang berkaitan dengan tokoh yang bisa dipindahkan dengan mudah termasuk kelompok properti. Contohnya adalah tas kerja, komputer, radio, mobil, rokok dan buku. Telitilah semua keperluan untuk tiap tokoh. Jangan sampai ada yang terlewat. Continuity film kita sangat tergantung kejelian kita menyiapkan properti dalam tiap shot!

Sumber :
CD Interaktif
Program Bimbingan anak Sampoerna (PBA) Karya Kita
Bengkel Film Pemula


Comments (0)

Posting Komentar