Selasa, April 27, 2010
Masih Komunitas Film
atau Sudah Sebuah Organisasi ?

Ditulis oleh Alam Suryo Wibowo CC 2007

“Cinematography Club Fikom Unpad adalah sebuah organisasi, karena di dalamnya tidak hanya menumpahkan hobi tentang film, tetapi bagaimana mengorganisasikan sebuah event dan pengembangan SDM serta regenerasi anggota yang bertanggungjawab.” ujar Cynthia Dwiyana, bendahara dari Cinematography 
Club Fikom Unpad.

Pendapat Cynthia di atas jelas belum bisa mewakili pendapat seluruh anggota dan pengurus Cinematography Club Fikom Unpad. Namun dari kalimatnya, Cynthia seolah menekankan bahwa Cinematography Club Fikom Unpad tidak hanya sebuah komunitas film, tetapi juga sudah menjadi sebuah organisasi.

Seorang presiden Cinematography Club Fikom Unpad yang kini telah menjadi alumni dari UKM ini pernah mengatakan bahwa awalnya Cinematography Club Fikom Unpad memang hanya dijadikan sebagai komunitas film dimana kegiatan anggotanya hanya membuat film dan karya-karya sinematografi lainnya. Namun lambat laun Cinematography Club Fikom Unpad dikukuhkan pula sebagai organisasi yang mampu menampung aspirasi anggotanya untuk mengembangkan kemampuannya dalam mengorganisasikan sebuah acara dan mengembangkan SDM dan regenerasi yang baik.

Kegiatan-kegiatan yang berpusat pada kedua hal utama, membuat film dan mengorganisasikan sebuah acara dan pengembangan SDM, jelas menjadikan anggota-anggotanya terbagi ke dalam beberapa divisi dimana divisi-divisi ini kemudian menjadi saling fokus ke dalam fungsi utama kegiatan Cinematography Club Fikom Unpad itu sendiri, apakah divisi tertentu lebih fokus pada pembuatan film ataukah lebih fokus pada pengorganisasian sebuah acara dan pengembangan SDM.

Cap organisasi yang melekat dalam hati anggotanya, tidak serta merta menjadikan orang-orang di luar Cinematography Club Fikom Unpad menganggap UKM ini sudah menjadi sebuah organisasi. AJ (21), mahasiswa Fakultas MIPA Unpad menganggap bahwa Cinematography Club Fikom Unpad adalah sebuah komunitas film yang kegiatannya terpusat pada pembuatan film.

Anggapan-anggapan seperti ini sebenarnya tidak dapat disalahkan seutuhnya. Orang-orang yang hanya melihat anggota-anggota Cinematography Club Fikom Unpad saat mereka membuat film mungkin akan dengan mudahnya mengatakan bahwa Cinematography Club Fikom Unpad adalah sebuah komunitas film, saja.

Hal ini sebenarnya dapat menjadi pemacu pengurus Cinematography Club Fikom Unpad untuk terus membuat citra bahwa Cinematography Club Fikom Unpad adalah tidak hanya sebuah komunitas film, namun juga sudah dapat dikatakan sebagai sebuah organisasi.

Mungkin, pernyataan Abdallah Gifar, presiden Cinematography Club Fikom Unpad periode 2009-2010 berikut ini, dapat menengahi perdebatan ini. “Cinematography Club Fikom Unpad adalah sebuah komunitas yang gerak di film, karena bukan hanya membuat film dan sudah terorganisasikan dengan baik.”

Perdebatan yang cukup rumit ini pada dasarnya dapat dikembalikan lagi kepada para pelaku yang terjun langsung di dalamnya, yakni para anggota Cinematography Club Fikom Unpad itu sendiri. Ingin dibawa kemana sebenarnya Cinematography Club Fikom Unpad ini. Dengan adanya tujuan yang pasti, maka kegiatan-kegiatan yang kemudian dilakukannya pun berlandaskan pada tujuan yang telah disepakati bersama itu pula.

Comments (0)

Posting Komentar