Rabu, Desember 19, 2007

IDe Cerita

Pengembangan Skenario


Skenario adalah bentuk tertulis dari cerita atau isi yang terkandung dalam sebuah film. Sepintas skenario atau screenplay mirip dengan naskah drama. Informasi ruang, waktu, peran dan aksi dalam screenplay ditujukan untuk kepentingan perekaman gambar sehingga kerap ditemui istilah teknis yang berbeda. Dalam naskah drama istilah teknis itu tidak dikenal. Misal: istilah interior/eksterior dalam screenplay sangat menentukan bagaimana cara adegan itu difilmkan. Interior menunjukkan cahaya utamanya kemungkinan besar bukan matahari, hal ini tentu bukan masalah mendasar bagi sebuah pertunjukan drama. Eksterior dalam drama tidak berpengaruh besar karena umumnya pertunjukannya dilakukan di dalam ruangan dengan tata cahaya buatan. Sekarang kita melangkah untuk mendalami bagaimana sebuah skenario atau screenplay itu dibuat.

Awal dari perjalanan panjang sebuah skenario adalah ide. Segala hal yang kita alami balk lewat indera penglihatan, penciuman dan pendengaran bisa menjadi sumber ide. Sejak bangun pagi hingga akan berangkat tidur malam hari kita mengalami berbagai kejadian. Berita di koran, humor di tv atau puisi seorang teman bisa saja meninggalkan kesan tertentu yang mendalam bagi kita. Pilah dengan seksama hal-hal yang mengesankan, menyentuh atau bahkan menyebalkan menjadi kandidat ide cerita untuk film kita. Pertimbangkan dengan balk apakah bila kejadian tersebut kita tuangkan dalam film akan menarik untuk ditonton, minimal oleh lingkungan dekat kita.

Pengalaman pribadi di atas bisa menjadi bahan dasar pembuatan skenario. Skenario yang dibuat dari ide semacam itu disebut skenario asli (original screenplay). Tuliskan tiap ide cerita yang kita peroleh dalam dua atau tiga kalimat. Pilih yang paling sreg menurut kita, misal: "Pertemuan yang mengharukan antara seorang ibu dengan anak gadisnya setelah berpisah selama 15 tahun. Mereka terpisah sewaktu banjir besar melanda kotanya. Sang Ibu sangat ingin tahu apakah anaknya dalam kondisi baik, mengingat terakhir kali sang anak yang telah berusia 10 tahun mengalami kesulitan berbicara."

Kelompok lain dari skenario adalah skenario adaptasi (adapted screenplay). Bahan dasar skenario adaptasi biasanya berupa cerpen, novel, komik atau cerita bersambung. Untuk skenario adaptasi tentunya ide cerita sudah jelas.


Sinopsis


Setelah diperoleh ide yang pas, kita bisa melangkah menuju pembuatan sinopsis. Sinopsis adalah tulisan berisi garis besar cerita film kita. Di dalamnya termuat nama para tokoh utama dan peristiwa yang mereka alami. Sinopsis yang efektif panjangnya tidak lebih dari 1 halaman. Untuk ide cerita di atas contoh sinopsisnya adalah:

VERA seorang ibu berusia 47 tahun menerima surat singkat dari anak tunggalnya, IRENE yang kini berusia 25 tahun. IRENE mengabarkan ia akan datang ke rumah ibunya di Yogya naik kereta 3 hari lagi. Bukan main senangnya VERA karena itu adalah kabar pertama yang ia terima setelah mereka terpisah selama kurang kebih 15 tahun. Banjir besar yang melanda kota mereka menyebabkan VERA kehilangan IRENE. Gadis kecil berusia 10 tahun itu bersama dua orang temannya terseret arus ketika dalam perjalanan pulang dari sekolah. Segala daya upaya telah dikerahkan VERA untuk mengetahui apakah anaknya masih hidup. Hingga ketika ia hampir menyerah dan menganggap bahwa IRENE telah meninggal terseret banjir, ia menerima sepucuk surat itu.

Rasa ingin tahu bercampur was-was menyelimuti VERA. la sangat penasaran bagaimana kondisi IRENE saat ini mengingat gadis kecil itu mengalami kesulitan berbicara. Bahkan di usianya yang ke 10 IRENE hanya dapat mengucapkan kalimat tak sempurna yang hanya bisa dimengerti beberapa orang saja.

Sore ini di Stasiun Tugu VERA menanti kedatangan IRENE. Seperti apakah rupa anaknya? Mengapa IRENE bare menghubunginya setelah sekian lama terpisah? Siapa yang merawat dan membesarkannya? Masihkah anaknya mengalami kesulitan bicara? Segunung pertanyaan mengemuruh di benaknya. Tak sabar untuk dilontarkan dalam pertemuan kembali sore ini....

Setelah sinopsis selesai dibuat, langkah berikut adalah membuat struktur cerita.


Struktur Cerita

Sekarang saatnya membangun kerangka skenario atau yang lazim disebut struktur. Untuk mempermudah penulisan skenario, tuangkan sinopsis ke dalam struktur bercerita yang jelas. Resep struktur cerita yang paling sukses dan paling banyak dianut film-film yang laku di pasar adalah struktur 3 babak. Struktur ini terdiri dari babak perkenalan, babak pertentangan/konfrontasi dan babak penyelesaian/solusi. Babak perkenalan memuat informasi seputar tokoh dan latar belakangnya. Bila ada masalah atau konflik letakkan di bagian pertentangan/konfrontasi. Babak penyelesaian mengantarkan penonton ke akhir cerita. Ada tiga macam cara mengakhiri cerita yaitu happy ending, sad ending dan open ending. Happy ending adalah cara lazim film box office Hollywood dalam menyelesaikan ceritanya. Semua berakhir bahagia, dengan harapan penoton terhibur. Ada film-film tertentu menggunakan cara sad ending, yaitu dengan mengakhiri cerita dengan kepedihan mendalam. Open ending akan membiarkan penoton mengambil kesimpulan sendiri akan nasib tokoh utamanya.

Contoh struktur untuk sinopsis di atas (kita bisa memberinya judul: "PERTEMUAN")

Babak I (Perkenalan)

Vera membaca surat, kemudian mendekap surat itu dengan ekspresi senang. la memandangi beberapa foto IRENE kecil. Pandangannya menerawang, kegembiraan itu membawanya kepada kenangan akan IRENE kecil yang mengalami kesulitan bicara.

Babak II (Pertentangan/konflik/konfrontasi)

IRENE kecil dan kedua teman wanitanya berjalan riang menyusuri pematang sawah. Mereka berkejaran, kecerian tampak di wajah mereka. Di rumah VERA sibuk menghambat air agar tidak masuk ke dalam. Beberapa tetangga mulai megeluarkan perabot mereka dan meletakkan ke tempat yang lebih tinggi. IRENE dan teman masih bercanda riang. VERA mengeluarkan koper, bersiap mengungsi bersama tetangga. la menanti IRENE dengan cemas. IRENE menangkap kupu-kupu dan memperlihatkan dengan bangga ke temannya. la tidak bisa bicara banyak, wajahnya tampak senang. Air sudah setinggi lutut di sekitar rumah yang memang berada lebih rendah dari sawah yang dilalui IRENE. VERA mulai panik. Beberapa tetangga sudah berangkat mengungsi, sementara yang lainnya memaksa VERA untuk ikut pergi meninggalkan rumah. VERA masih coba bertahan menanti IRENE. Air makin tinggi. IRENE melewati jembatan kecil dan air mulai tampak deras dan menjilat dasar jembatan. VERA mulai berjalan sambil terus menoleh ke arah rumah. Menjelang ujung jembatan seorang teman IRENE tergelincir. IRENE dan temannya berusaha menarik agar ia bisa berdiri kembali. VERA kian menjauh dari rumah. Teman IRENE berhasil berdiri dan mereka berjalan bersama menuju ujung jembatan. Tali sepatu IRENE terlepas, ia berhenti sejenak untuk membetulkannya. Kedua temannya menunggu. VERA menangis sambil memangil nama IRENE, beberapa tetangga memaksanya untuk tetap berjalan menjauhi rumah. Di ujung jembatan, teman IRENE yang lain tergelincir. Kembali terjadi upaya penyelamatan. Arus makin deras, tiba­tiba air sudah setinggi mata kaki IRENE. Temannya belum juga berhasil berdiri, kedua tangannya masih dipegang IRENE dan teman lainnya. VERA berlari kembali menuju arah rumah yang telah terendam air hingga satu meter. Beberapa tetangga mengejar dan berhasil menariknya kembali ke arah yang aman. IRENE masih berjuang menyelamatkan temannya. VERA berteriak histeris. Air telah mencapai pinggang IRENE dan upaya penyelamatan makin sulit. Sebelah tangan teman terlepas, IRENE berusaha mempertahankan sebelah tangan yang lain. Teman yang lain kewalahanan, air hampir menutup wajahnya. VERA tetap melihat ke arah rumahnya sambil meronta. IRENE dan temannya tertutup air, yang tampak hanya tas sekolah mereka.

Babak Ketiga (penyelesaian)

Vera duduk di bangku penjemput. Sesekali melihat jam dinding stasiun dan mencocokkan dengan jam tangannya. la melihat seorang ibu yang menggandeng anak perempuan berusia sekitar 10 tahun. Wajahnya menerawang, matanya berkaca-kaca. Kereta datang. VERA tidak berhasil mendapatkan sosok IRENE. Stasiun mulai sepi. la bertanya kepada petugas. Kereta tidak telambat. Penumpang sudah turun semua. VERA kecewa. IRENE tak ada. la berjalan menuju pintu keluar, sambil menengok ke belakang berkali-kali, kosong. Sampai di parkiran ia membuka pintu mobil, rasa kecewa terbayang jelas di wajahnya. Pundaknya disentuh tangan halus, ternyata itu adalah IRENE yang sejak tadi juga kebingungan. Mereka berpelukan, lalu naik mobil menjauhi stasiun Tugu.


Contoh Potongan Skenario

Ditinjau dari sisi teknis, skenario adalah kumpulan informasi berisi urutan cerita utuh yang disusun dengan memperhatikan ruang, waktu, aksi, dialog dan elemen suara lain. Ada format pengetikan skenario yang dianut banyak penulis skenario (screen writer) dalam industri film di dunia. Format itu adalah:

  1. Gunakan font Courier New dengan ukuran 12 point

  2. Ketik dengan spasi 1,5

Berikut adalah potongan skenario dengan struktur cerita di Pertemuan, babak III (penyelesaian)


SCENE 68 EXT. TEMPAT PARKIR STASIUN TUGU-SORE

VERA membuka pintu mobil, bersiap untuk masuk dan meninggalkan stasiun dengan perasaan kecewa. Tiba-tiba sebuah tangan halus menyentuh pundaknya, VERA menoleh.

Sejenak is terpana.

IRENE
(tercekat... mengucapkan kata-kata dengan lemah)
Ibu....

VERA segera memeluk dan menciuminya

VERA
(dengan air mata di pipinya)
IRENE...benar kamu IRENE?

Sambil memegang tangan VERA,IRENE mengangguk

IRENE
Maaf bu saya tidak pernah kirim kabar.

VERA
Sudahlah.. ayo kita pulang. Sudah sepi di sini.
Banyak yang hal harus kamu ceritakan.

IRENE mengangguk, menuntun VERA naik mobil. Di
dalam mobil is menjawab berbagai pertanyan yang
meluncur dari mulut ibunya.

SELESAI

Tips:

Untuk memperkirakan durasi skenario kita, catat durasi ketika membaca skenario (reading). Jumlahkan semua waktu yang dibutuhkan untuk membaca semua keterangan di dalam skenario termasuk dialognya. Waktu tersebut mendekati durasi film kita yang sebenamya.



Sumber :

CD Interaktif Bengkel Film Pemula

Program Bimbingan anak Sampoerna (PBA) Karya Kita

HM, Sampoerna

Comments (9)

kalo bisa tolong diberikan contoh skenario yang lebih panjang ya mas, soalnya aku masih awam tentang bagaimana sih pembuatan skenario itu. makasih mas

Hello therе, You've done an excellent job. I'll cеrtainly
digg it and perѕonаlly rеcommend to my frіenԁs.

I'm confident they'll be benefited frоm this sіte.
Also see my page > http://beach4Unit.jimdo.com/2013/01/16/risiken/

Fοllowing these fеω tipѕ and ѕpеnding a little bit of mοnеу
mаy mаkе the ԁifference іn ѕеlling your
home quiсkly, ог rеnting it quickly.

Ηеrе comes the morе excіting paгt of renovаtіon your bаthroom, the bаthroom fiхtuгes.
You ωіll need to snip the ѕіԁe sеams to fit the roԁ through the pocket.
My blog post ; shower rod adjustable flanges

Hiya! Quісk question that's entirely off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My site looks weird when viewing from my iphone 4. I'm trying to find a template or
plugin that might be able to resοlvе this issue.
If you hаve any suggestions, pleasе shaгe.
Cheers!
My site - Chemietoilette

Dіp remaining 4 tortіllas intо
sauce and set up over 2nd layeг. On the exact same acсoгd newѕpapers were unquestionаbly nоt about the uѕuаl еveryday life.
Αs a mаke any difference of fact it iѕ these types of a eхcеptіοnally-concentratеԁ mealѕ that, until tаken in extrеmely veгy small quantitiеѕ,
it iѕ liable tο upѕet wеak ԁigestions.
My weblog - Pizza stone for convection oven

Wondегful blog! Ι found it while surfing around
on Yahoo Newѕ. Do you haνe any tips on hοw tо gеt listed
in Yаhoο News? I've been trying for a while but I never seem to get there! Many thanks

My weblog :: Chemietoilette

From the glass blowing manufaсturіng unіt that is still in operation,
to a dwell bаkery wherebу yοu сan bake уour have goodieѕ,
woгkіng farms that you can chесk out and feеd
thе animalѕ, and functionіng
pottery mills. Thiѕ hаve usually been a beloved
activity in my property. Τhe lanԁfill extendeԁ the regiοn so it can be ѕecond
hand to conѕtruct on.

Also visit my blog ρoѕt pizza stoneware pans

It's an awesome piece of writing designed for all the web viewers; they will take advantage from it I am sure.

my web site ... nihonlinks.Com

For most up-to-date information you have to pay a quick visit internet and on internet I found this site as a finest
website for hottest updates.

Take a look at my web site; casino

Posting Komentar